Embung Sidem, Wisata Murmer ala Tulungagung

Embung Sidem, Wisata Murmer ala Tulungagung
Menghabiskan waktu akhir pekan tak perlu mahal, di Tulungagung, Jawa Timur terdapat satu destinasi embung atau bendungan kecil yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan.

Embung Sidem, berada lereng perbukitan Desa Sidem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Lokasinya 18 kilometer dari pusat kota Tulungagung. Bendungan kecil ini memiliki panorama yang indah dan menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat sekitar.

Di lokasi tersebut pengunjung dapat bersantai sambil menikmati hamparan danau buatan yang banyak dihuni oleh aneka jenis ikan. Perbukitan hijau yang ada di sekitar lokasi embung, menjadikan suasana seolah berada di atas pegunungan.

"Ikan di embung ini cukup banyak, ada juga ikan hias. Pengunjung bisa memberi makan ikan dengan membeli pakan di warung sini," kata Kepala Dusun Bago, Desa Sendang, Gunawan, Minggu (13/6/2021).

Meskipun berada di pelosok desa, Embung Sidem dapat dijangkau dengan mudah oleh sepeda motor maupun mobil. Jika ditempuh dari pusat kota Tulungagung, membutuhkan waktu perjalanan 36 menit.

"Untuk masuk ke kawasan ini gratis. Kalau di akhir pekan biasanya ramai, kadang juga ada yang camping di sini," jelasnya.

Gunawan menambahkan di lokasi sekitar embung juga berdiri sejumlah warung makan, yang menyajikan aneka makanan khas pedesaan.


Baca Selengkapnya