Sebelum Mendaki, Yuk Kenali Gejala Acute Mountain Sickness dan Cara Mencegahnya

Sebelum Mendaki, Yuk Kenali Gejala Acute Mountain Sickness dan Cara Mencegahnya
Baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan sebuah video yang menunjukkan seorang pendaki tengah digendong turun oleh ranger di Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah. Rupanya, pendaki tersebut mengalami Acute Mountain Sickness atau yang biasa disebut AMS.

AMS adalah penyakit yang disebabkan karena berada di ketinggian tertentu, yang mengakibatkan turunnya kadar oksigen dan tekanan udara. Penyakit ini dapat menyerang pejalan yang sedang berada di ketinggian (biasanya sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut).

AMS biasanya ditandai dengan rasa pusing, mual, sakit kepala, sesak napas, nyeri otot, insomnia, kehilangan selera makan, pembengkakan pada bagian tubuh tertentu (tangan, kaki, wajah), dan detak jantung cepat.

AMS tidak dapat diprediksi dan dapat menyerang siapa saja tanpa batasan usia. Terserang AMS bukanlah hal ingin diinginkan dan tentu saja akan mengganggu perjalanan. Untuk itu, diimbau untuk melakukan langkah pencegahan dan mencari tahu bagaimana cara meredakannya jika telanjur terserang AMS.

Terlepas dari apakah kamu rentan terhadap penyakit ketinggian atau tidak, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya kondisi terburuk, yakni sebagai berikut.


Baca Selengkapnya