Gunung Abbo, Gunung Misterius di Sulsel dan Kisah Raja Kera Toakala

Gunung Abbo, Gunung Misterius di Sulsel dan Kisah Raja Kera Toakala
Gunung Abbo yang terletak di Kelurahan Leang-leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros tengah hangat diperbincangkan. Destinasi Sulawesi Selatan ini terbilang misterius.

Begini kisahnya.

Gunung Abbo tempat seorang pendaki bernama Eva hilang selama 3 hari memang dikenal memiliki kisah mistis yang kuat. "Pembicaraan masyarakat, di situ mistisnya sangat kuat, begitu," ungkap Komandan Tim Basarnas Makassar Dadang Tarkas.

Gunung Abbo yang terletak di Kampung Abbo itu masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Menurut kisah lokal, di sana ada kerajaan kera yang dipimpin Raja Toakala atau I Marakondang.

Sosok kera ini memiliki tubuh tinggi besar, berbulu putih, dan pintar berbicara layaknya manusia. Kera-kera ini masih bisa dilihat hingga kini yakni macaca maura, kera cerdik tak berekor.

"Di Kampung Abbo itu ada beberapa reruntuhan batu yang diyakini sebagai peninggalan Kerajaan Toakala. Selain itu, ada juga batu berbentuk ranjang yang konon itu tempat tidur I Marakondang," kata seorang budayawan Maros, Lory Hendrajaya, saat ditemui tim detikTravel beberapa waktu lalu.

Toakala yang sangat senang berburu, pada suatu hari, berangkat ke hutan mencari rusa. Namun, saat di perjalanan, tepatnya di telaga Kassi Kebo, yang berada di atas air terjun Bantimurung, ia tak sengaja melihat seorang wanita yang sangat cantik tengah mandi di danau itu.

Wanita cantik itu rupanya seorang putri dari Kerajaan Pattiro bernama I Bissu Daeng. Sosoknya, putri ini memiliki kulit putih dengan rambut yang sangat panjang. Bahkan, untuk mengurai rambut panjangnya itu, dibutuhkan tujuh tiang jemuran. Hal itulah yang membuat Toakala mabuk cinta kepadanya.

Sepulang dari berburu itu, Toakala mengirim utusannya ke Kerajaan Pattiro dengan maksud meminang. Namun perasaan cintanya berubah menjadi kemurkaan, saat pihak Pattiro menolak dan bahkan mengolok-olok dirinya, tidak pantas memperistrikan Bissu Daeng yang jelita lantaran ia hanya seekor kera.

Baca Selengkapnya