Menyusuri Pesona Keindahan Air Terjun Lengang Sulawesi Selatan

Menyusuri Pesona Keindahan Air Terjun Lengang Sulawesi Selatan
Air Terjun Lengang
Sumber Gambar : Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Air Terjun Lengang menjadi pilihan para wisatawan melepas kerinduan dengan alam. Berada di balik perbukitan dan hutan membuat Air Terjun Lengang seolah tersembunyi. Benar saja, keasrian alam di Air Terjun Lengang ternyata mampu menyedot wisatawan. Lokasinya berada di Desa Laiya, Kecamatan Cendrana Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Bentang alam Maros terdiri dari hutan dan pegunungan. Kesejukan semakin terasa saat menjejakkan kaki di Air Terjun Lengang. Percikan airnya jatuh dari tebing menjulang. Diapit bebatuan tebing yang ditumbuhi pepohonan. Kontras perpaduan warna yang memanjakan mata. Jatuhan air terjun melebar bak sebuah tirai raksasa yang menutupi muka tebing. Gemricik airnya menjadi obat pelepas penat di tengah kebisingan perkotaan.

Berbagai keindahan Air Terjun Lengang ternyata membuatnya memesona. Tebing, lokasinya yang tersembunyi, kolam infinity hingga area camping. Menjadi daya tarik yang tak boleh dilewatkan. Dilihat dari udara, keindahan Air Terjun Lengang semakin menawan. Aliran air terjun membelah hamparan hijaunya pepohonan. Jika dilihat lebih seksama, air terjun ini mempunyai dua tingkatan. Tingkaran pertama hanya sekitar 5 meter saja. Sedangkan bagian bawah mencapai 20 meter, air kemudian jatuh melebar.

Air Terjun Lengang berada di ketinggian 800 mdpl dan berada di tenggara Cagar Alam Karaengta Maros. Tebing air terjun ini melebar dan membuat air menyebar menutupi tebing. Lebarnya bahkan hampir sama dengan ketinggiannya. Dari depan, seolah ada beberapa air terjun yang berjajar. Namun, air terjun ini hanya berasal dari satu sumber. Anak Sungai Walanae melintasi hutan dan akhirnya jatuh di Air Terjun Lengang.

 


Baca Selengkapnya