Tak Selalu Mahal, Makanan Berbintang Michelin di Tokyo ini Ramah di Kantong

 Toritsune Shizendo
Sumber Gambar : timeout.com

Tokyo adalah kota dimana kamu bisa menemukan banyak makanan enak di dalamnya. Bahkan di tahun 2020, Tokyo memiliki 212 restoran berbintang Michelin, sebuah penghargaan yang biasa diberikan kepada restoran fine dining, yang mana jumlah ini merupakan yang terbanyak di antara kota-kota lain di dunia. Nah, kalau kamu ingin merasakan makanan mewah, menu restoran-restoran berbintang Michelin dan Bib Gourmand di Tokyo ini tidak akan membuat kantongmu kering karena harganya yang cukup terjangkau!

1. Onigiri Asakusa Yadoroku (Bib Gourmand, mulai dari ¥280)
Restoran spesialis onigiri tertua di Tokyo ini terletak di belakang Kuil Sensoji, Asakusa. Tersedia dalam berbagai topping seperti salmon, ume (plum), tarako (telur ikan pollock), shirasu (ikan teri), dan okaka (serpihan bonito kering).Jangan khawatir, meski restoran ini mendapat penghargaan Bib Gourmand Michelin, harganya tidak akan merusak kantongmu, mulai dari ¥280-¥330. Paket makan juga tersedia seharga ¥690 dan sudah termasuk dua onigiri, sup miso dengan tahu, dan takuan (acar lobak).Kamu bisa datang kesini jika merasa lapar ketika tengah malam karena restoran ini tetap buka hingga pukul 2 pagi!

2. Shinjuku Kappo Nakajima (1 bintang Michelin, mulai dari ¥800)
Nakajima mungkin adalah restoran berbintang Michelin yang menyajikan menu makan siang termurah di kota. Set menu makan siangnya hanya sekitar ¥800, sudah lengkap termasuk nasi, sup miso, acar, dan teh.Sarden juga menjadi primadona untuk menu makan siang dengan empat pilihan yang bisa kamu pilih: digoreng, direbus dalam kaldu shoyu, direndam dalam wijen dan jahe seperti sashimi, dan juga yanagawa nabe. Hidangan yanagawa nabe adalah makanan klasik dengan sarden goreng dalam shoyu yang mendidih, lalu di atasnya terdapat telur dan bawang. Yum!Sebelum buka pada pukul 11.30, biasanya orang-orang sudah mengantri untuk makan siang di restoran ini. Sebagai catatan, restoran ini tidak menyarankan untuk membawa anak di bawah usia 6 tahun.

3. Nakiryu (1 bintang Michelin, mulai dari ¥900)
Restoran Nakiryu (‘naga yang menangis’) dikenal dengan Dandanmen, hidangan mie asal Szechuan di China yang ditandai dengan kuah pedas dan menggunakan biji wijen. Kuah di restoran ini tidak terasa berat, melainkan ringan seperti kuah ramen. Jika dirasa kurang pedas, kamu bisa meminta ekstra pedas dengan menambah ¥50.Ada juga menu lain seperti shoyu dan shio ramen, serta rice bowl. Untuk toppingnya, tersedia sepanjang hari, sedangkan side dish hanya tersedia di malam hari. Tidak perlu khawatir untuk mengantri lama karena setiap orang dibatasi hanya semangkuk mie saja.
 


Baca Selengkapnya